Hadi Santoso Calon Kuat Dirut BRI Syariah

Hadi Santoso Calon Kuat Dirut BRI Syariah

Oleh M. Munir Haikal

Kamis, 22 Desember 2011

JAKARTA: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk berencana menunjuk Moch. Hadi Santoso untuk menggantikan Ventje Rahardjo yang mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT BRI Syariah sejak 2 Desember 2011.

Sumber Bisnis mengungkapkan Hadi direncanakan mulai menjabat sejak 3 Januari tahun depan. “Kalau tidak ada perubahan, Hadi adalah calon kuat untuk Dirut BRI Syariah. Penetapan Hadi sebagai direktur utama direncanakan melaIui rapat umum pemegang saham [RUPS] BRI Syariah,” ujarnya, Kamis 22 Desember.

Hadi saat ini menjabat sebagai Pemimpin Wilayah BRI di Jawa Barat. Bisnis meminta konfirmasi ke Direktur BRI Achmad Baiquni namun yang bersangkutan mengatakan sampai saat ini belum ada keputusan mengenai Dirut BRI Syariah. “Masih dicari,” katanya.

Ventje mundur meski RUPS perseroan sempat meminta Ventje kembali memimpin bank itu. Dia memutuskan tidak melanjutkan tugas sebagai direktur utama dengan alasan kinerja perseroan sudah berkembang pesat dan dapat bersaing dengan entitas perbankan lain sehingga kepemimpinan harus dipercayakan ke generasi selanjutnya.

Menurut Ventje, 2009 merupakan tahun pijakan bagi eksistensi BRI Syariah di perbankan Indonesia. Selanjutnya, pada 2010 merupakan tahun pemantapan infrastruktur, kapasitas, sumber daya manusia untuk pergerakan BRI Syariah mencapai akselerasi optimum.

Tahun 2011 merupakan tahun lepas landas sedangkan 2012 merupakan tahun akselerasi bagi BRI Syariah untuk menyejajarkan diri dengan bank-bank lain di Tanah Air.

Ventje mulai menempati posisi Direktur Utama BRI Syariah sejak akhir 2008. BRI Syariah memiliki aset sebesar Rp10,6 triliun per 30 November 2011. Selain itu, rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) per 30 November 2011 sebesar 2,08%.

Selanjutnya, jumlah dana pihak ketiga BRI Syariah mencapai Rp8,6 triliun dengan pembiayaan mencapai Rp8,9 triliun. BRI Syariah mulai beroperasi sebagai bank syariah setelah dilakukan spin off (pemisahan) dari perusahaan induk yaitu BRI.

Semula BRI Syariah adalah Bank Jasa Arta yang diambil alih oleh BRI pada 17 November 2008 setelah mendapat izin usaha dari Bank Indonesia  melalui surat No. 10/67/KEP.GBI/DpG/2008.

Selanjutnya, pada 19 Desember 2008 ditandatangani akta pemisahan Unit Usaha Syariah BRI untuk dilebur dalam BRI Syariah yang berlaku efektif sejak 1 Januari 2009. (ea)

http://www.bisnis.com/articles/hadi-santoso-calon-kuat-dirut-bri-syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: