Edukasi Nasabah, BRISyariah Luncurkan Website

Rabu, 28 September 2011 | 11:50:21 WITA
JAKARTA — Dalam mengembangkan akses layanan perbankan kepada nasabah, PT Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRISyariah) meluncurkan corporate website atau situs resmi perseroan dengan tampilan ceria, mengutamakan visualisasi teks dan tak banyak memakai istilah perbankan.

Peluncuruan website dilakukan di Jakarta, Selasa 27 September ditandai dengan demo pemanfaatan fitur-fitur utama, produk unggulan yang diharapkan bisa mengedukasi nasabah dengan mengakses website tampilan baru ini di http://www.brisyariah.co.id

Direktur Utama BRI Syariah, Ventje Rahardjo, mengatakan dengan situs ini perseroan ingin lebih mendekatkan diri dengan nasabah sebagai bank ritel dan modern yang memberikan sejumlah informasi penting untuk layanan nasabah. Website ini memberikan sejumlah informasi lain seperti harga emas, harga sukuk ritel, dan peta jaringan PT Bank BRISyariah.

“Sebelumnya sudah ada situs BRISyariah, tapi kami luncurkan lagi dengan fitur baru dan unggulan agar nasabah bisa mengakses layanan lebih luas. Kami buat sederhana dan ringan, mudah-mudahan menarik digunakan,” harapnya.

Dalam laman tersebut ada beberapa fitur baru diantaranya; kalkulator yang dapat secara otomatis melakukan simulasi perhitungan cicilan Kepemilikan Logam Mulia (KPM) yang merupakan produk pembiayaan unggulan dari anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk ini. Kalkulator tersebut juga bisa menghitung cicilan pembiayaan pemilikan rumah dan hasil dari deposito nasabah.

“Dengan fitur ini diharapkan beban pertanyaan tentang simulasi perhitungan produk lewat Facebook dan Twitter bisa diminimalisir,” tambah Hanifah Fibianti, Marketing Communication Group Head BRISyariah.

Selain kalkulator, dalam situs tersebut juga ada informasi aktual harga emas lokal yang dengan acuan dari PT Aneka Tambang dan Reuters untuk harga logam mulia dunia. Info lain yang bisa diakses adalah harga sukuk ritel dan peta jaringan BRISyariah di seluruh Indonesia.“Melalui situs ini kami juga ingin memberi edukasi tentang istilah syariah yang sebagian besar belum dipahami masyarakat luas,” ujarnya.

Ke depan, website tersebut akan dikembangkan untuk internet banking atau direct banking seperti mendaftar pembiayaan dan membuka deposito.”Mulai 2012 nanti, direct banking akan diluncurkan. Sementara dalam waktu dekat diupayakan pelayanan SMS banking,” lugasnya.

Bisnis Gadai Emas tak Terpengaruh

Penurunan harga emas dunia dalam sebulan terakhir hingga 19% tidak mempengaruhi bisnis gadai emas BRISyariah yang menempatkan bisnis ini sebagai produk unggulannya.

Ventje Rahardjo, menyatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan bisnis gadai emas berlangsung relatif aman di Indonesia. Pertama, pihaknya dalam menentukan patokan harga emas sekitar 30% lebih rendah dari harga di pasar lokal. Kemudian, bisnis ini disokong perilaku masyarakat Indonesia yang berbeda dengan masyarakat Eropa dan Amerika serta ikut menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.

“Kalau kita lihat orang Amerika dan Eropa, emas mereka gunakan pada pasar trading, indeks. Mereka main shortir seperti main saham. Beda di Asia dan Indonesia, masyarakat kita begitu punya uang beli emas. Jadi emas itu sebagai simpanan, jarang mereka jual, kecuali memang sangat membutuhkan,” papar Ventje.

Kemudian dalam penentuan harga emas, pihaknya masih bisa menyerap manajemen risiko gadai emas dengan menetapkan standar taksiran harga yang relatif jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga pasar lokal. Patokan harga itu disebut sebagai standar taksiran logam emas (STLE) yang ditentukan dari harga logam mulia di London Metal Exchange (LME) dan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Setelah menentukan STLE, maka pinjaman gadai yang bisa diberikan kepada nasabah maksimal 80% dari harga taksiran. “Dengan sistem ini kami memiliki bemper sekitar 30% dari harga emas pasaran. Penurunan emas yang terjadi satu bulan ini belum berpengaruh terhadap bisnis gadai emas. Jadi meskipun LME turun, kita masih punya cadangan 30%. Begitu juga kita melihat tidak ada pergerakan secara masif orang menjual emas,” tambahnya.(al/fmc) . Source : http://www.fajar.co.id/read-20110928115021-edukasi-nasabah-brisyariah-luncurkan-website

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: